Relational Dialectics Theory & Social Exchange Theory

17.27


TEORI DIALEKTIKA RELATIONAL (Relational Dialectics Theory)


Teori ini menggambarkan hubungan komunikasi sebagai kemajuan dan pergerakannya konstan.  Teori ini dapat dipahami dan diterapkan pada konteks organisasi dan juga interpersonal. Orang yang terlibat dalam berubungan pada dasarnya dalam selalu ada dorongan dan tarikan dari keinginan masing-masing individu yang bertolak belakang. Kita membicarakan 2 tujuan yang berlawanan, orang menginginkan “both/and” bukan “either/or”. Dalam berkomunikasi kita berusaha mendamaikan keinginan yang bertolak belakang ini walaupun tidak pernah menghapuskan keinginan kita.
Contoh : dalam berelasi, orang ingin merasa ada keterbukaan sekaligus ketertutupan (both/and), bukan hanya menginginkan keterbukaan saja atau tidak berelasi sama sekali (either/or)

Dialektikal Internal (personal) : ketegangan/kontradiksi yang muncul dari dan dibangun oleh komunikasi dan ada 3 kontradiksi dalam hal ini:
  1. Keterkaitan dan Keterpisahan: seseorang yang memiliki keinginan untuk berdekatan atau menjauh dari orang terdekat. Hal ini menjadi ciri yang unik dalam teori komunikasi ini karena keterkaitan dan keterpisahan adalah sesuatu yang konstan dalam kehidupan berelasi. Berelasi akan tetap terjaga bila salah satu dari pasangan mau mengorbankan urusan otonomi pribadinya, namun bila hubungan yang berlawanan asas terjadi berlebihan akan menghancurkan hubungan tersebut karena ada yang akan kehilangan identitas pribadinya. 
  2. Kepastian dan Ketidakpastian: seseorang memiliki kenyamanan pada sesuatu yang pasti dan menjauhi ketidakpastian ketika sejalan dengan perkembangan hubungan mereka. Jadi akan ada kebutuhan yang saling kontradiksi antara rutinitas dan spontanitas. 
  3. Keterbukaan dan Ketertutupan: seseorang ingin menceritakan segalanya namun di halangi oleh keinginan akan privasi. Keterbukaan adalah hubungan relasi yang ideal.

Social Exchange Theory


Teori Pertukaran Sosial (Social Exchange Theory) adalah teori yang termasuk dalam paradigma perilaku sosial, yaitu paradigma yang mempelajari perilaku mausia secara terus-menerus di dalam hidupnya.  John Thibaut dan Harlod Kelley,beranggapan bahwa bentuk dasar dari hubungan sosial adalah sebagai suatu transaksi dagang, dimana orang berhubungan dengan orang lain karena mengharapkan sesuatu untuk memenuhi kebutuhannya.

Teori ini menggunakan metaphora untung rugi (cost-benefits) dalam mempredksi perilaku seseorang. Hal ini mengasumsikan bahwa seseorang atau kelompok memilih beberapa stratgi yang didasarkan pada itngkat kerugian dan keuntungan yang dia apatkan/dirasakan. Teori ini juga mengemukakan bahwa hubunga akan berlanjut bila ia relatif menguntungkan dan diputuskan bila ia relatif merugikan.

Konsep-konsep didalam teori pertukaran sosial :
  1.   Ganjaran ( Rewards)
Setiap akibat yang dinila positif yang diperoleh seseorang dari suatu hubungan, berupa unag, penrimaan sosial, atau dukungan terhadap nilai yang dipegangnya.

      2.      Biaya ( Cost)
Biaya adalah akibat yang dinilai negatif yang terjadi dalam suatu hubungan, berupa waktu, usaha, konflik, keceasan, dan keruntuhan harga diri dll.
   
            3.    Hasil atau laba ( Outcomes )
Adalah ganjaran dikurangi biaya. Bila seorang individu merasa dalam suatu hubungan interpersonal bahwa ia tidak memperolah laba sama sekali, ia akan mencari hubungan lai yang mendatangkan laba.
   
            4.    Tingkat Perbandingan ( Comparisons Level)
Menunjukn ukuran baku (standar ) yang dipakai sebagai kriteria dalam menilai hubungan individu pada waktu sekarang.

Contoh kasus :
Hubungan suami istri melalui sebuah ikatan pernikahan. Pola-pola perilaku dalam sebuah pernikahan, hanya akan langgeng manakala kalau semua pihak yang terlibat merasa teruntungkan. Jadi perilaku seseorang dimunculkan karena berdasarkan perhitungannya, akan menguntungkan bagi dirinya, demikian pula sebaliknya jika merugikan maka perilaku tersebut tidak ditampilkan.
 

Sumber :
Share 2 Other

2000, Relational Dialectics Theory, [online] Tersedia di

 http://gita-lia.blogspot.com/2000/04/teori-dialektika-relational-relational.html 

[diakses 16 Oktober 2013 ]

Dhony Kampoes Biroe

2010,  Teori Pertukaran Sosial, [online] Tersedia di

 http://dhonykampoesbiroe.blogspot.com/2010/06/teori-pertukaran-sosial-social-exchange.html

[diakses 16 Oktober 2013 ]


 


SEORANG MAHKLUK LUGU YANG BERKEINGINAN MENGELILINGI DUNIA DENGAN BANTUAN TEKNOLOGI INFORMASI YANG ADA. TAPI TERHALANG DENGAN TUNGGANGAN BIDADARI YANG SELALU KEHILANGAN SELENDANG UNTUK BERKENCAN DI ATAS LANGIT KAYANGAN.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »