A. PENGERTIAN
DAN KONSEP
Komunitas
adalah sekelompok orang yang hidup ditempat yang sama, berpemerintahan yang
sama, dan mempunyai kebudayaan dan sejarah yang umumnya turun temurun
(Fraizer,
2000 : 65)
Orang-orang
yang hidup dlam komunitas dengan lembaganya membuat mereka saling bergantung
satu dengan yang lainnya. Mereka tidak dapat menikmati kehidupan yang baik
tanpa lembaga. Begitu juga lembaga tidak dapat hidup dengan baik tanpa ada ijin
dan dukungan komunitas.
B. KEUNTUNGAN
HUBUNGAN HUMAS DENGAN KOMUNITAS
Banyak sekali keuntungan yang didapat
perusahaan/organisasi/ instansi apabila melakukan hubungan yang baik dengan
komunitas diantaranya :
·
Para Karyawan lebih menyukai bekerja
dalam suatu komunitas dimana mereka dapat memesukkan anak-anaknya
kesekolah-sekolah yang baik disekitar perusahaan tersebut.
·
Menerima sarana rekreasi
·
Atraksi kebudayaan dan olahraga
·
Menghadiri acara-acara keagamaan
·
Mempertahankan nama baik perusahaan
terhadap pandangan komunitas dengan tujuan dapat meningkatkan penjualan produk.
Dengan
demikian hubungan yang baik dengan komunitas memastikan identitas dan citra
positif akan terwujud. Pengakuan komunitas akan suatu perusahaan atau
organisasi tidak terlepas dari upaya humas dalam mendesign program-programnya
yang mana program itu sejalan dengan komunitas sekitar.
C. KEBIJAKSANAAN
HUBUNGAN DENGAN KOMUNITAS
Dasar
hubungan komunitas yang baik adalah suatu kebijaksanaan hubungan komunitas yang
ditetapkan dengan jelas. Banyak kebijaksanaan yang dapat dilakukan perusahaan/
organisasi terhadap komunitas, diantaranya :
·
Mengadakan temu akrab / silaturahmi
dengan orang-orang alam komunitas pemuka komunitas.
·
Bekerja sama dengan lembaga pendidikan
dengan menyediakan sarana dan prasarana pendidikan
·
Membantu pengelolaan pertanian /
peternakan demi tercapainya kesejahteraan masyarakat
·
Membina kepemimpinan kebudayaan dengan
menggalakkan apresiasi yang lebih besar terhadap seni, music, drama.
·
Menyediakan fasilitas olahraga dan
mendukung kegiatan serta mensponsori peristiwa olahraga
·
Meningkatkan kesehatan komunitas dengan
mendukung program kesehatan.
D. MEDIA
KOMUNIKASI DENGAN KOMUNITAS
Ada
banyak media yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan komunitas
diantaranya :
·
Iklan
Iklan
surat kabar merupakan salah satu media pokok komunitasi dengan orang-orang
dikomunitas. Media ini menawarkan tingkat selektivitas pembaca yang masuk akal
melalui pemilihan surat kabar. Sedangkan radio dan televisi menyampaikan
pesan-pesan iklan kelembagaan secara efektif.
·
Publisitas
Unsur
hubungan komunitas yang dasarnya Hubungan pribadi dengan kerabat kerja surat
kabar, televisi, dan radio.
·
Pidato Umum
Komunikasi
lisan dengan komunitas setempat.
·
Pertemuan dengan pemuka masyarakat
Diperuntukkan
untuk memberi pengertian yang lebih mengenai kebijaksanaan dan pelaksanaan
perusahaan/organisasi.
·
Wisata pubrik
Memberikan
informasi kepada komunitas yang berkepentingan dengan bisnis.
·
Film
Media
ynag digunakan untuk menginformasikan aktivitas perusahaan berupa sejarah,
proses pubrik, kondisi pekerjaan.
A. PENGERTIAN
DAN KONSEP
Komunitas
adalah sekelompok orang yang hidup ditempat yang sama, berpemerintahan yang
sama, dan mempunyai kebudayaan dan sejarah yang umumnya turun temurun
(Fraizer,
2000 : 65)
Orang-orang
yang hidup dlam komunitas dengan lembaganya membuat mereka saling bergantung
satu dengan yang lainnya. Mereka tidak dapat menikmati kehidupan yang baik
tanpa lembaga. Begitu juga lembaga tidak dapat hidup dengan baik tanpa ada ijin
dan dukungan komunitas.
Simbiosis Mutualisme
B. KEUNTUNGAN
HUBUNGAN HUMAS DENGAN KOMUNITAS
Banyak sekali keuntungan yang didapat
perusahaan/organisasi/ instansi apabila melakukan hubungan yang baik dengan
komunitas diantaranya :
·
Para Karyawan lebih menyukai bekerja
dalam suatu komunitas dimana mereka dapat memesukkan anak-anaknya
kesekolah-sekolah yang baik disekitar perusahaan tersebut.
·
Menerima sarana rekreasi
·
Atraksi kebudayaan dan olahraga
·
Menghadiri acara-acara keagamaan
·
Mempertahankan nama baik perusahaan
terhadap pandangan komunitas dengan tujuan dapat meningkatkan penjualan produk.
Dengan
demikian hubungan yang baik dengan komunitas memastikan identitas dan citra
positif akan terwujud. Pengakuan komunitas akan suatu perusahaan atau
organisasi tidak terlepas dari upaya humas dalam mendesign program-programnya
yang mana program itu sejalan dengan komunitas sekitar.
C. KEBIJAKSANAAN
HUBUNGAN DENGAN KOMUNITAS
Dasar
hubungan komunitas yang baik adalah suatu kebijaksanaan hubungan komunitas yang
ditetapkan dengan jelas. Banyak kebijaksanaan yang dapat dilakukan perusahaan/
organisasi terhadap komunitas, diantaranya :
·
Mengadakan temu akrab / silaturahmi
dengan orang-orang alam komunitas pemuka komunitas.
·
Bekerja sama dengan lembaga pendidikan
dengan menyediakan sarana dan prasarana pendidikan
·
Membantu pengelolaan pertanian /
peternakan demi tercapainya kesejahteraan masyarakat
·
Membina kepemimpinan kebudayaan dengan
menggalakkan apresiasi yang lebih besar terhadap seni, music, drama.
·
Menyediakan fasilitas olahraga dan
mendukung kegiatan serta mensponsori peristiwa olahraga
·
Meningkatkan kesehatan komunitas dengan
mendukung program kesehatan.
D. MEDIA
KOMUNIKASI DENGAN KOMUNITAS
Ada
banyak media yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan komunitas
diantaranya :
·
Iklan
Iklan
surat kabar merupakan salah satu media pokok komunitasi dengan orang-orang
dikomunitas. Media ini menawarkan tingkat selektivitas pembaca yang masuk akal
melalui pemilihan surat kabar. Sedangkan radio dan televisi menyampaikan
pesan-pesan iklan kelembagaan secara efektif.
·
Publisitas
Unsur
hubungan komunitas yang dasarnya Hubungan pribadi dengan kerabat kerja surat
kabar, televisi, dan radio.
·
Pidato Umum
Komunikasi
lisan dengan komunitas setempat.
·
Pertemuan dengan pemuka masyarakat
Diperuntukkan
untuk memberi pengertian yang lebih mengenai kebijaksanaan dan pelaksanaan
perusahaan/organisasi.
·
Wisata pubrik
Memberikan
informasi kepada komunitas yang berkepentingan dengan bisnis.
·
Film
Media
ynag digunakan untuk menginformasikan aktivitas perusahaan berupa sejarah,
proses pubrik, kondisi pekerjaan.
EmoticonEmoticon