Hubungan HUMAS dengan KOMUNITAS

07.48



A.    PENGERTIAN DAN KONSEP

Komunitas adalah sekelompok orang yang hidup ditempat yang sama, berpemerintahan yang sama, dan mempunyai kebudayaan dan sejarah yang umumnya turun temurun
(Fraizer, 2000 :  65)

Orang-orang yang hidup dlam komunitas dengan lembaganya membuat mereka saling bergantung satu dengan yang lainnya. Mereka tidak dapat menikmati kehidupan yang baik tanpa lembaga. Begitu juga lembaga tidak dapat hidup dengan baik tanpa ada ijin dan dukungan komunitas.



B.     KEUNTUNGAN HUBUNGAN HUMAS DENGAN KOMUNITAS

Banyak sekali keuntungan yang didapat perusahaan/organisasi/ instansi apabila melakukan hubungan yang baik dengan komunitas diantaranya :

·         Para Karyawan lebih menyukai bekerja dalam suatu komunitas dimana mereka dapat memesukkan anak-anaknya kesekolah-sekolah yang baik disekitar perusahaan tersebut.
·         Menerima sarana rekreasi
·         Atraksi kebudayaan dan olahraga
·         Menghadiri acara-acara keagamaan
·         Mempertahankan nama baik perusahaan terhadap pandangan komunitas dengan tujuan dapat meningkatkan penjualan produk.

Dengan demikian hubungan yang baik dengan komunitas memastikan identitas dan citra positif akan terwujud. Pengakuan komunitas akan suatu perusahaan atau organisasi tidak terlepas dari upaya humas dalam mendesign program-programnya yang mana program itu sejalan dengan komunitas sekitar.

C.     KEBIJAKSANAAN HUBUNGAN DENGAN KOMUNITAS

Dasar hubungan komunitas yang baik adalah suatu kebijaksanaan hubungan komunitas yang ditetapkan dengan jelas. Banyak kebijaksanaan yang dapat dilakukan perusahaan/ organisasi terhadap komunitas, diantaranya :
·         Mengadakan temu akrab / silaturahmi dengan orang-orang alam komunitas pemuka komunitas.
·         Bekerja sama dengan lembaga pendidikan dengan menyediakan sarana dan prasarana pendidikan
·         Membantu pengelolaan pertanian / peternakan demi tercapainya kesejahteraan masyarakat
·         Membina kepemimpinan kebudayaan dengan menggalakkan apresiasi yang lebih besar terhadap seni, music, drama.
·         Menyediakan fasilitas olahraga dan mendukung kegiatan serta mensponsori peristiwa olahraga
·         Meningkatkan kesehatan komunitas dengan mendukung program kesehatan.


D.    MEDIA KOMUNIKASI DENGAN KOMUNITAS

Ada banyak media yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan komunitas diantaranya :
·         Iklan
Iklan surat kabar merupakan salah satu media pokok komunitasi dengan orang-orang dikomunitas. Media ini menawarkan tingkat selektivitas pembaca yang masuk akal melalui pemilihan surat kabar. Sedangkan radio dan televisi menyampaikan pesan-pesan iklan kelembagaan secara efektif.

·         Publisitas
Unsur hubungan komunitas yang dasarnya Hubungan pribadi dengan kerabat kerja surat kabar, televisi, dan radio.

·         Pidato Umum
Komunikasi lisan dengan komunitas setempat.

·         Pertemuan dengan pemuka masyarakat
Diperuntukkan untuk memberi pengertian yang lebih mengenai kebijaksanaan dan pelaksanaan perusahaan/organisasi.

·         Wisata pubrik
Memberikan informasi kepada komunitas yang berkepentingan dengan bisnis.

·         Film
Media ynag digunakan untuk menginformasikan aktivitas perusahaan berupa sejarah, proses pubrik, kondisi pekerjaan.





A.    PENGERTIAN DAN KONSEP

Komunitas adalah sekelompok orang yang hidup ditempat yang sama, berpemerintahan yang sama, dan mempunyai kebudayaan dan sejarah yang umumnya turun temurun
(Fraizer, 2000 :  65)

Orang-orang yang hidup dlam komunitas dengan lembaganya membuat mereka saling bergantung satu dengan yang lainnya. Mereka tidak dapat menikmati kehidupan yang baik tanpa lembaga. Begitu juga lembaga tidak dapat hidup dengan baik tanpa ada ijin dan dukungan komunitas.

Text Box: LEMBAGAText Box: KOMUNITAS                                                  Simbiosis Mutualisme




B.     KEUNTUNGAN HUBUNGAN HUMAS DENGAN KOMUNITAS

Banyak sekali keuntungan yang didapat perusahaan/organisasi/ instansi apabila melakukan hubungan yang baik dengan komunitas diantaranya :

·         Para Karyawan lebih menyukai bekerja dalam suatu komunitas dimana mereka dapat memesukkan anak-anaknya kesekolah-sekolah yang baik disekitar perusahaan tersebut.
·         Menerima sarana rekreasi
·         Atraksi kebudayaan dan olahraga
·         Menghadiri acara-acara keagamaan
·         Mempertahankan nama baik perusahaan terhadap pandangan komunitas dengan tujuan dapat meningkatkan penjualan produk.

Dengan demikian hubungan yang baik dengan komunitas memastikan identitas dan citra positif akan terwujud. Pengakuan komunitas akan suatu perusahaan atau organisasi tidak terlepas dari upaya humas dalam mendesign program-programnya yang mana program itu sejalan dengan komunitas sekitar.

C.     KEBIJAKSANAAN HUBUNGAN DENGAN KOMUNITAS

Dasar hubungan komunitas yang baik adalah suatu kebijaksanaan hubungan komunitas yang ditetapkan dengan jelas. Banyak kebijaksanaan yang dapat dilakukan perusahaan/ organisasi terhadap komunitas, diantaranya :
·         Mengadakan temu akrab / silaturahmi dengan orang-orang alam komunitas pemuka komunitas.
·         Bekerja sama dengan lembaga pendidikan dengan menyediakan sarana dan prasarana pendidikan
·         Membantu pengelolaan pertanian / peternakan demi tercapainya kesejahteraan masyarakat
·         Membina kepemimpinan kebudayaan dengan menggalakkan apresiasi yang lebih besar terhadap seni, music, drama.
·         Menyediakan fasilitas olahraga dan mendukung kegiatan serta mensponsori peristiwa olahraga
·         Meningkatkan kesehatan komunitas dengan mendukung program kesehatan.


D.    MEDIA KOMUNIKASI DENGAN KOMUNITAS

Ada banyak media yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan komunitas diantaranya :
·         Iklan
Iklan surat kabar merupakan salah satu media pokok komunitasi dengan orang-orang dikomunitas. Media ini menawarkan tingkat selektivitas pembaca yang masuk akal melalui pemilihan surat kabar. Sedangkan radio dan televisi menyampaikan pesan-pesan iklan kelembagaan secara efektif.

·         Publisitas
Unsur hubungan komunitas yang dasarnya Hubungan pribadi dengan kerabat kerja surat kabar, televisi, dan radio.

·         Pidato Umum
Komunikasi lisan dengan komunitas setempat.

·         Pertemuan dengan pemuka masyarakat
Diperuntukkan untuk memberi pengertian yang lebih mengenai kebijaksanaan dan pelaksanaan perusahaan/organisasi.

·         Wisata pubrik
Memberikan informasi kepada komunitas yang berkepentingan dengan bisnis.

·         Film
Media ynag digunakan untuk menginformasikan aktivitas perusahaan berupa sejarah, proses pubrik, kondisi pekerjaan.

SEORANG MAHKLUK LUGU YANG BERKEINGINAN MENGELILINGI DUNIA DENGAN BANTUAN TEKNOLOGI INFORMASI YANG ADA. TAPI TERHALANG DENGAN TUNGGANGAN BIDADARI YANG SELALU KEHILANGAN SELENDANG UNTUK BERKENCAN DI ATAS LANGIT KAYANGAN.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »