Komunikasi : Pengertian dan Proses

02.33



Komunikasi

1 Pengertian Komunikasi

Istilah komunikasi berasal dari bahasa latin “communicatus” yang bersumber dari kata communis yang memiliki makna “berbagi” atau “menjadi milik bersama” dari asal katanya komunikasi dapat diartikan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang dengan tujuan kebersamaan atau kesamaan makna. 

Komunikasi adalah proses menginformasikan pesan yang disampaikan dalam bentuk simbol bermakna sebagai paduan pikiran dan perasaan berupa ide, informasi, kepercayaan, harapan, imbauan, dan sebagainya, yang dilakukan seseorang kepada orang lain, baik secara langsung (tatap muka) maupun tidak langsung melalui media, dengan tujuan mengubah sikap, pandangan dan prilaku (Mulyana, 2011).

Menurut Sofiaribowo (2013) Komunikasi adalah suatu proses atau kegiatan penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Komunikasi merupakan prasyarat kehidupan manusia. Kehidupan manusia akan terlihat tiada arti apabila tidak adanya komunikasi. Karena tanpa komunikasi, interaksi antar manusia, baik secara perorangan, kelompok, ataupun organisasi tidak mungkin dapat terjadi. Dua orang dikatakan melakukan interaksi apabila masing-masing melakukan aksi dan reaksi. Aksi dan reaksi dilakukan manusia baik secara perorangan, kelompok, atau organisasi. 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Komunikasi adalah Proses yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang saling menginformasikan pesan dengan tujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku dan dikirim dengan simbol-simbol serta diinformasikan secara langsung atau dengan menggunakan media tertentu.


2 Proses Komunikasi
 Proses Komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikan sehingga menciptakan suatu persamaan makna anatara keduanya. Proses komunikasi bertujuan unutk menciptakan komunikasi yang efektif.

Proses komunikasi yang dilakukan manusia Menurut Effendy (2009), adalah sebagai berikut:
1. Proses Komunikasi Tatap Muka
Komunikasi tatap muka atau komunikasi langsung, adalah proses komunikasi yang mana sumber pesan dan penerima pesan saling berhadapan dan dapat melihat secara langsung efek yang dihasilkan dari komunikasi yang dilakukan.

2. Proses Komunikasi Bermedia
Komunikasi bermedia adalah Proses komunikasi yang menggunakan alat atau sarana sebagai penyalur informasi kepada penerima pesan. Komunikasi seperti ini dilakukan apabila jarak antara sumber dan penerima pesan cukup jauh dan pesan yang disampainya untuk public yang banyak.

Menurut Suryodarmojo dalam Putri (2010) ada 3 pokok dalam berkomunikasi yaitu :
 • Komunikator : Orang yang menyampaikan
• Pesan : Hasil pikiran yang disampaikan
• Komunikan : Orang yang menerima

Proses berlangsungnya komunikasi menurut Soenarko Setyodarmodjo dalam Putri (2010 : 25) dapat digambarkan sebagai berikut :


Sumber :


Effendy, Onong Uchjana. 2009. Komunikasi Teori dan Praktek.. Bandung : Remaja Rosdakarya
Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Putri, EDP. 2010. Upaya Public Relation PT Bank Mandiri Persero Tbk dalam mempertahankan the best service of excellence award. Jakarta. UPN “Veteran”  

Sofiaribowo. 2013. “Pengertian, Jenis, dan Proses Komunikasi” tersedia di https://sofiaribowo.wordpress.com/2013/06/22/pengertian-jenis-dan-proses-komunikasi/ [online] diakses 25 November 2015  
 




SEORANG MAHKLUK LUGU YANG BERKEINGINAN MENGELILINGI DUNIA DENGAN BANTUAN TEKNOLOGI INFORMASI YANG ADA. TAPI TERHALANG DENGAN TUNGGANGAN BIDADARI YANG SELALU KEHILANGAN SELENDANG UNTUK BERKENCAN DI ATAS LANGIT KAYANGAN.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »